GWK Bali

 

Garuda Wisnu Kencana Bali



Garuda Wisnu Kencana kini telah menjelma menjadi objek wisata yang diburu wisatawan saat bertandang ke Bali. Patung Garuda Wisnu raksasa yang disebut-sebut sebagai patung tertinggi di Indonesia merupakan menjadi daya pikat utama wisata ini.

Selain daya tarik utama tersebut, Garuda Wisnu Kencana juga merupakan tamanbudaya terbesar di negara Indonesia yang memiliki luas area mencapai 60 hektar. Menariknya lagi, GWK Bali ini juga sering menyuguhkan atraksi yang memukau, lewat pertunjukan, konferensi dan juga pameran. 

Ada satu atraksi di GWK yang paling menyita perhatian, yaitu atraksi dari Patung Dewa Wisnu sembari menunggangi Garuda dengan ketinggian 121 meter. Inilah patung yang menjadi ikon tempat wisata di Bali. 

Sejarah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Garuda Wisnu Kencana Bali adalah taman budaya di Bali yang telah digagas sejak tahun 1998 oleh I Nyoman Nuarta. Taman ini mempunyai patung WIsnu Kencana yang ketinggiannya mencapai 120 meter dan telah berdiri dari tanggal 22 September 2018. Pada patung tersebut, tergambarkan Wisnu tengah menunggangi Garuda. 

Masyarakat di Bali sendiri percaya bahwa Dewa Wisnu merupakan pelindung bagi alam semesta menurut mitologi Hindu. Sementara itu, Garuda melambangkan pengabdian dan kesetiaan yang tanpa pamrih sampai akhirnya dijadikan sebagai pendamping untuk kepercayaan.

Bukan itu saja, Kencana juga mempunyai arti emas. Yang mana kedua tokoh dalam patung tersebut dihiasi oleh mahkota berupa mosaic emas. Ditambah lagi, Garuda juga sebagai lambang negara Indonesia yang berarti kebebasan.


Click Here





Comments

Popular posts from this blog

Wastra Bali

Penari Indonesia

Jendela Nusantara